Tips Mudah Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tekanan darah tinggi merupakan satu penyakit yang wajib kita waspadai. Mengapa demikian ? Karena penyakit ini dapat memicu timbulnya penyakit lain yang lebih serius seperti jantung, ginjal, Stroke dan lainnya. Lalu bagaimana kita mencegah datanya darah tinggi, atau bagaimana menjaga tekanan darah agar tetap normal ?

Di kesempatan kali ini kita sedikit ingin berbagi informasi seputar tekanan darah tinggi, terutama beberapa tips yang bisa kita usahakan untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Namun sedikit banyak akan kembali pada bagaimana kita menjaga pola hidup sehat sehari – hari.  Nah, langsung saja ini dia beberapa tips tersebut :

Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Selalu Normal

# Mempertahankan Berat Badan Ideal

Tidak begitu menjadi soal ketika anda kekurangan berat badan, karena anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan mengkonsimsi makanan yang bergizi. Namun untuk anda yang kelebihan berat badan, cenderung akan sulit untuk menurunkannya sehingga dalam level ideal. Tapi bagaimanapun juga, kelebihan berat badan merupakan pemicu naiknya tekanan darah, oleh sebab itu berusahalah untuk terus menjaga berat badan anda selalu ideal.

# Konsumsi Makanan Yang Sehat

Makanan yang sehat memang sering dikaitkan dengan rasa. Ya, memang demikian adanya. Sayur dan biji – bijian tentu sangat tidak menarik apabila dibandingkan dengan daging, seafood atau masakan siap saji. Nah, mulai sekarang kurangi makanan – makanan yang tidak sehat dan cobalah untuk mulai membiasakan memakan makanan sehat.

# Kurangi Konsumsi Garam

Rasa asin dan gurih memang membuat lidah kita tidak ingin berhenti makan. Namun tahukah anda, bahwa konsumsi garam dapur berlebih dapat meningkatkan natrium dalam darah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Berapa kita harus konsumsi garam dapur setiap hari ? Menurut banyak sumber kesehatan, setidaknya anda konsumsi garam dapur tidak lebih dari satu sendok teh setiap harinya.

# Rajinlah Berolahraga

Semua orang pasti sepakat, bahwa olahraga akan memberikan efek yang positif pada kesehatan kita. Salah satu diantara manfaat olah raga adalah dapat memperlancar peredaran darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Mulailah dengan berjalan kaki keliling kompleks jika anda belum terbiasa dengan berolahraga. Yang penting anda lakukan dengan teratur, lama – kelamaan anda akan merasakan kenikmatan yang tidak anda rasakan sebelumnya.

# Selalu Cek Tekanan Darah Anda Secara Rutin

Tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengetahui berapa tekanan darah kita selain dengan mengeceknya. Anda bisa cek ke rumah sakit, klinik atau tempat pelayanan kesehatan lainnya. Atau jika anda orang yang memiliki aktifitas yang cukup padat, anda bisa beli alat ukur tekanan darah (tensimeter) sendiri untuk anda pakai di rumah. Ide bagus jika anda berniat untuk membelinya sendiri, sebelumnya anda bisa baca tips membeli tensimeter agar anda tidak bingung dan salah dalam memilih jenis tensimeter yang akan anda beli.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengontol dan menjaga tekanan darah agar terus dalam kondisi normal. Sekian, midah – mudahan bermanfaat untuk anda skalian, selamat beraktifitas !