10 Makanan Alami Terbaik Untuk Bayi Anda

Makanan Alami Terbaik Untuk Bayi

Makanan Alami Terbaik Untuk Bayi Bayi sangat memerlukan makanan alami untuk menunjang perkembangan terbaik dan normal. Bayi hanya memiliki sedikit ruang di dalam perut untuk menyimpan makanan sehingga tugas kita sebagai orang tua harus memberikan makanan alami terbaik untuknya.

Makanan alami tidak hanya sangat bagus untuk bayi tetapi juga mengandung nutrisi lengkap dan tentunya sehat. Makanan terbaik dan alami harus mudah di cerna bayi sehingga bisa menjaga tubuh bayi tetap sehat dan memiliki perkembangan otak yang lebih baik. Di bawah ini adalah daftar 10 makanan terbaik alami yang kami rangkum, semoga Anda bisa memberikan makanan terbaik untuk bayi Anda:

1. Alpukat

Alpukat adalah makanan terbaik pertama untuk bayi dan anak-anak Anda. Alpukat memiliki konsistensi yang sempurna serta mengandung nutrisi yang berlimpah yang sangat di butuhkan bayi terutama omega-3 tingkat tinggi.

Cara memberikan alpukat untuk bayi Anda sangatlah mudah, hanya dengan mengiris menjadi 2 bagian dan mengambil isi alpukat dengan sendok langsung di berikan untuk bayi Anda. Bisa juga di berikan untuk bayi dengan campuran ASI atau susu formula yang biasa di minum bayi Anda.

2. Kacang

Makanan alami terbaik untuk bayi yang kedua adalah kacang. Kacang sangat tinggi antioksidan karena mengandung 10 kali lebih banyak antioksidan yang terkandung dalam jeruk. Kacang juga sangat tinggi serat dan bisa mencegah bayi dari sembelit atau susah buang air besar. Kacang juga sangat tinggi zat besi, protein serta vitamin B.

Kacang yang akan di sajikan untuk bayi sebaiknya di rendam kurang lebih 24 jam dan di masak hingga empuk untuk meminimalkan bayi tersedak. Jika bayi Anda menyukai menu kacang di lembutkan, Anda bisa membuatkan untuknya.

3. Blueberry

Blueberry juga mengandung banyak gizi yang di butuhkan untuk bayi Anda. Blueberry juga mengandung lebih banyak antioksidan jika di bandingkan dengan buah segar lainnya. Blueberry selain alami juga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan saraf bayi Anda, dan yang tidak kalah pentingnya menunjang perkembangan mata bayi dan jantung lebih baik.

Selain banyak manfaat di atas, blueberry juga mengandung banyak serat serta vitamin A dan C. Penyajian blueberry untuk bayi bisa di berikan langsung atau untuk campuran makanan lainnya.

4. Kelapa

Perlu Anda ketahui bahwa kelapa mengandung banyak asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan bayi yang hampir mirip dengan kandungan yang di temukan di dalam ASI manusia. Jika di berikan untuk bayi bisa meningkatkan kekebalan tubuh bayi, memudahkan dan meningkatkan pencernaan agar lebih baik dan yang tidak kalah pentingnya bisa menyeimbangkan gula darah.

5. Biji Chia

Biji chia mempunyai kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari blueberry dan mempunyai lebih banyak kalsium dari susu. Selain itu di dalam biji chia juga kaya akan omega-3, magnesium, serat, zat besi, kalium, dan protein.

6. Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Sayuran berwarna hijau gelap kaya akan antioksidan dan sangat tinggi zat besi sera asam folat. Sayuran berwarna hijau gelap bisa di kategorikan makanan bayi super alami dan terbaik karena mengandung banyak vitamin C dan kalsium. Selain itu juga mengandung banyak vitamin K dan kalsium yang besar untuk perkambangan tulang bayi yang baik.

7. Telur

Telur adalah makanan bayi yang penuh dengan nutrisi, tentunya yang lebih baik adalah telur yang di peroleh dari ayam yang bebas dari penyakit dan alami. Telur mengandung banyak kolin, vitamin B, yang tidak kalah pentingnya telur bisa memainkan peran penting untuk perkembangan dan fungsi otak bayi Anda.

Telur mengandung banyak protein, omega-3 serta vitamin D. Telur juga mengandung folat, lutein antioksidan dan banyak mineral zinc, besi, selenium. Telur juga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh bayi yang besar.

8. Oats

Oat merupakan sumber serat larut dan tidak larut dan mereka juga kaya phytochemical, vitamin E, zinc, besi, magnesium dan selenium. Oat merupakan sumber protein yang baik. Jika Anda ingin memberikan oats untuk bayi Anda sebaiknya di berikan pada pagi hari. Gunakan gandum polos dan menambahkan topping seperti kacang-kacangan, biji-bijian atau buah.

9. Quinoa

Quinoa adalah protein lengkap sehingga cocok untuk bayi vegetarian, sangat tinggi di lisin, asam amino yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Quinoa memiliki jumlah yang baik dari serat dan tinggi nutrisi seperti mangan, magnesium dan memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Quinoa adalah gandum bebas gluten dan merupakan alternatif untuk beras gandum di banyak resep makanan bayi.

10. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu sayuran yang paling bergizi yang tersedia. Ubi jalar kaya nutrisi phyto dan tinggi vitamin A dan C. Selain itu ubi jalar juga memiliki rasa manis alami dan tekstur lembut membuat sayuran ini menarik untuk bayi dan balita.

Itulah 10 makanan alami terbaik untuk bayi yang bisa Anda berikan untuk mendukung proses tumbuh kembang bayi Anda. Semoga informasi yang singkat ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semuanya, khususnya para orang tua, terima kasih.