Cara Alami Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi Tidak Teratur

Setiap wanita mengalami siklus menstruasi, yang pada dasarnya adalah perubahan tubuhnya untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap bulan, rahim dalam tubuh wanita akan tumbuh lapisan baru untuk mempersiapkan diri agar telur dibuahi. Lapisan ini ketika tidak ada telur yang dibuahi untuk memulai kehamilan, dikenal sebagai perdarahan menstruasi bulanan.

Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang di leher rahim dan mengalir keluar melalui vagina. Seorang wanita memiliki periode menstruasi mulai dari saat remaja sampai menopause terjadi. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama dimulainya keluar darah sampai hari pertama keluar darah lagi pada bulan depan. Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari pada sebagian besar wanita, namun siklus menstruasi dari 21 sampai 35 hari juga normal.

Pada saat remaja, siklus menstruasi tidak merata dan dapat bervariasi. Kemudian perlahan-lahan mulai teratur. Mendekati masa menopause, siklus biasanya lebih lama dan akhirnya berhenti. Untuk sebagian besar perempuan, pendarahan menstruasi berlangsung selama sekitar 3 sampai 5 hari.

Selama paruh pertama dari siklus, kadar hormon estrogen mulai meningkat. Estrogen adalah hormon wanita yang membantu untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dan juga membuat dinding rahim tumbuh dan menebal. Pada saat ini, telur dalam ovarium mulai matang dan meninggalkan ovarium rata-rata pada hari ke-14 dan iIni disebut ovulasi.

Ketika telur meninggalkan ovarium, menuju ke rahim melalui saluran telur dan ini adalah waktu terbaik bagi wanita untuk hamil. Ketika sperma pria masuk dan membuahi telur, yang menempel di dinding rahim. Jika tidak dibuahi, lapisan tersebut akan luruh kembali selama satu periode. Setiap tubuh wanita mungkin tidak dapat mengikuti jadwal yang tepat sehingga menstruasi tidak teratur.

Faktor-faktor seperti penyakit, perubahan berat badan, stres, obat-obatan, gizi buruk dan perjalanan dapat mempengaruhi siklus dan menyebabkan haid tidak teratur. Gangguan kelenjar tiroid juga bisa mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur. Kadang-kadang normal jika memiliki periode haid yang lambat atau siklus yang lebih lama, tetapi jika kondisi ini terus berlanjut Anda bisa menggunakan solusi alami.

Lebih baik memeriksakan kehamilan dahulu jika waktu haid Anda terlambat datang sebelum menggunakan solusi yang alami untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Namun, Anda bisa menggunakan solusi alami yang aman dan membantu dalam kondisi menstruasi tidak teratur sebagai berikut:

  1. Jus Wortel : Minum ini secara teratur akan membantu mengatur periode haid.
  2. Jahe : Jahe dengan madu akan membantu dalam kondisi ini.
  3. Fenugreek : Mengkonsumsi biji fenugreek akan membantu Anda menyingkarkan menstruasi tidak teratur.
  4. Asafetida : Hal ini sangat menguntungkan dan salah satu solusi alami yang baik untuk menstruasi tidak teratur.
  5. Diet : Salah satunya kurangi makanan yang pedas, junk food dan makanan olahan. Meningkatkan asupan makanan yang kaya protein dan makan labu, labu pahit, pepaya dan mentimun.
  6. Biji Adas : Biji Adas juga efektif untuk membantu menstruasi yang tidak teratur.

Selain cara alami yang disebut diatas untuk mengatasi haid tidak teratur menerapkan diet seimbang yang sehat, baik dan kehidupan yang bebas stresperlu juga Anda lakukan. Berolahraga secara teratur dan berlatih yoga juga dapat membantu agar menstruasi teratur dan nyaman.