Fokus KIta

semua artikel yang ada didalam blog ini murni dari hasil pengumpulan referensi referensi buku yang saya cantumkan di bawah artikel, dan bila ada artikel yang tidak ada referensinya tolong beritahu saya untuk memebrinya dan saya hanyalah mengambil referensi ,bukan pengarang....dan apabila ada penulisan sumber yang salah tolong beritahu saya...terima kasih

Sabtu, 06 Mei 2017

Download Contoh Referensi Makalah "SISTEMATIKA PERENCANAAN MEDIA" Lengkpa Dengan Buku Sumber

SISTEMATIKA PERENCANAAN MEDIA
Media pembelajaran apabila dilihat dari sudut pandang yang luas, tidak hanya terbatas pada alat-alt audio, visual, audio-visual saja, melainkan sampai pada tingkah laku pengajar dan kondisi pribadi pembelajar. Maka media pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Bahan-bahan yang mengutamakan kegiatan membaca atau dengan menggunakan simbol-simbol kata dan visual berupa bahan-bahan cetakan dan bacaan.
b. Alat-alat audio-visual, alat-alat yang tergolong kategori ini, yaitu:
  • Media proyeksi, seperti: projector, slide, film, dan LCD,
  • Media non-proyeksi, seperti: papan tulis, poster, papan tempel, kartun, komik, bagan, diagram, gambar dll,
  • Benda tiga dimensi, antara lain: benda tiruan, diorama, boneka, topeng, peta, globe, pameran, dll.
c. Media yang menggunakan teknik/masinal, yaitu: slide, film, radio, televisi, dll.
d. Kumpulan benda-benda, yaitu berpa penginggalan sejarah, dokumentasi, industri, politik, dll.
e. Contoh-contoh kelakuan, perilaku mengajar. Pengajar memberi contoh perilaku atau suatu perbuatan, misalnya, mencontohkan suatu perbuatan dengan gerakan tangan dan kaki, gerakan badan, danlain-lain. Media pembelajaran dalam bentuk ini, sangat tergantung pada inisiatif, rekayasa, dan kreasi pengajar itu sendiri.
Dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, contoh dan kelakuan pengajar yang dimaksud adalah memberi uswatun khasanah kepada pembelajar. Seorang pengajar harus berusaha memberikan contoh yang baik ketika dalam proses pembelajaran di kelas, maupun diluar kelas, maupun diluar lingkungan sekolah. Sebab perbuatan dan tingkah laku pengjar didalam kelas maupun diluar kelas akan menjadi contoh bagi siswa dan akan dianut. Ini berarti media pembelajaran dari sudut pandang yang luas tidak hanya terbatas pada fasilitas atau alat-alat yang digunakan saja, tetapi juga sampai pada tingkah laku pengajar dan kondisi pribai pembelajar itu sendiri.
Menurut Oemar Hamalik (1985: 63) terdapat 4 kalsifikasi media pembelajaran, yaitu:
a. Alat-alat visual yang dapat dilihat, misal filmstrip, gambar-gambar, projector, danlain-lain.
b. Alat-alat yang bersifat auditif atau hanya dapat didengar, misal radio, tape recorder.
c. Alat-alat yang bisa dilihat dan didengar, misal film dan televisi.
d. Dramatisasi, bermain peran, sandiwara, boneka dan sebagainya.
Dari penjelasan diatas, media pembelajaran sangat banyak macam dan jenisnya. Untuk menggunakan suatu media pembelajaran secara baik, efektif dan efsisien dalam proses pembelajaran diperlukan pengetahuan dan kemampuan dalam memilih, membuat atau mendesain suatu media. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah media pembelajaran itu sendiri dengan tujuan pembeljaran, metode, materi pembelajaran, dan kondisi pembelajar. Selain itu, hal yang penting adalah pengembangan dan penggunaan media pembelajaran, sangat tergantung pada kreasi dan inisiatif pengajar dalam mendesain, membuat, dan mengembangkan media pembelajaran merupakan hal yang mutlak dan tidak boleh diabaikan, karena tuntutan dari kompetensi profesional guru itu sendiri. 



Demikian dari kami semoga bermanfaat dan dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kesulitan Anda dalam Download Atau Akses Dari Artikel Diatas. Dan saya mohon bila anda menjumpai kesalahn tolong secepatnya tinggalkan komentar di Bawah agar secepatnya kami perbaiki.


Sumber  : taktis
Editor     :Kang Teguh
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Download Contoh Referensi Makalah "SISTEMATIKA PERENCANAAN MEDIA" Lengkpa Dengan Buku Sumber

0 komentar:

Posting Komentar