Fokus KIta

semua artikel yang ada didalam blog ini murni dari hasil pengumpulan referensi referensi buku yang saya cantumkan di bawah artikel, dan bila ada artikel yang tidak ada referensinya tolong beritahu saya untuk memebrinya dan saya hanyalah mengambil referensi ,bukan pengarang....dan apabila ada penulisan sumber yang salah tolong beritahu saya...terima kasih

Sabtu, 06 Mei 2017

Download Contoh Referensi Makalah " PENGELOMPOKAN MEDIA PEMBELAJARAN" Lengkap Dengan Sumbernya

PENGELOMPOKAN MEDIA PEMBELAJARAN
Secara umum, ada tiga jenis pengelompokan media pembelajaran yang perlu diketahui, yaitu: 
1. Media Audio, adalah penyajian pembelajaran melalui pendidikan audio atau pengalaman mendengar atau yang dapat didengar. Seperti audio kaset dan radio.
2. Media Visual, adalah penyajian pembelajaran melalui pendidikan visual atau dapat dilihat langsung. Seperti pemutaran video dengan menggunakan projektor.
3. Media Audio-Visual, adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergaerak dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan objek aslinya. Alat-alat yang termasuk dalam media audio-visual adalah televisi, video, film dll.
Selain ketiga kategori diatas, media dapat juga dilihat dari sisi komponen dan jenis, yaitu:
1. Sisi Komponennya
Apabila dilihat dari sisi komponen, terdiri dari dua bagian, yaitu: (a). hardware (perangkat keras), berfungsi untuk menampilkan komponen perangkat lunak. Bentuk alatnya, seperti: radio, tape recorder, video, VCD, DVD, komputer dan sebagainya. (b). Software (perangkat lunak), bahan atau program yang ditampilkan dengan bantuan hardware. Artinya, bahan atau materi pelajaran yang diterima pembelajar ,elalui suatu alat atau hardware, yaitu pembelajar yang belajar dengan mendengarkan suara dari pita suara yang dipancarkan dari tape recorder.
2. Jenis 
Dilihat dari sisi jenis, maka media pembelajaran diabgi menjaadi tiga, yaitu: (a). Media audio, yaitu media yang digunakan dengan mengandalkan pendengaran. Bahan pelajaran yang diterima pembelajar melalui media yang mengandalkan pengalaman pendengaran. (b). Media visual, yaitu media yang digunakan dengan mengandalkan penglihatan. Bahan pelajaran yang diterima pembelajar melalui media yang mengandalkan pengalaman penglihatan. (c). Media audio-visual, yaitu media yang digunakan dengan mengandalkan penglihatan dan pendengaran. Bahan pelajaran yang diterima pembelajar melalui media yang mengandalkan pengalaman penglihatan dan pendengaran sekaligus.
Sedangkan Gagne membuat 7 macam pengelompokan media, yaitu: 1). Benda untuk didemonstrasikan, 2). Komunikasi lisan, 3). Gambar cetak, 4). Gembar diam, 5). Gambar gerak, 6). Film bersuara, dan 7). Mesin belajar. 

Sumber  : Nana Sudiana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya), Bandung : CV. Sinar Baru, 1991.

Editor     :Kang Teguh

Demikian dari kami semoga bermanfaat dan dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kesulitan Anda dalam Download Atau Akses Dari Artikel Diatas. Dan saya mohon bila anda menjumpai kesalahn tolong secepatnya tinggalkan komentar di Bawah agar secepatnya kami perbaiki.




Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Download Contoh Referensi Makalah " PENGELOMPOKAN MEDIA PEMBELAJARAN" Lengkap Dengan Sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar