Fokus KIta

semua artikel yang ada didalam blog ini murni dari hasil pengumpulan referensi referensi buku yang saya cantumkan di bawah artikel, dan bila ada artikel yang tidak ada referensinya tolong beritahu saya untuk memebrinya dan saya hanyalah mengambil referensi ,bukan pengarang....dan apabila ada penulisan sumber yang salah tolong beritahu saya...terima kasih

Minggu, 30 April 2017

Contoh Pendahuluan Makalah Fiqih tentang " Syirkah/Beserikat " Untuk S1

BAB I
PENDAHULUAN


A.            Latar Belakang

Banyaknya umat muslim yang belum mengetahui bagaimana seharusnya menjalankan syirkah atau perkongsian dalam memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini yang sesuai dengan tuntunan syari’at. Hal ini menyebabkan kami untuk membuat sebuah makalah yang berjudul tentang “syirkah” guna untuk memberikan sebuah pemahaman kepada para pembaca makalah ini. Pada zaman sekarang ini banyak orang-orang muslim yang menjalankan sistem syirkah atau perkongsian dengan mengikuti tata cara orang eropa atu barat yang belum tentu sesuai dengan apa yang diajarkan oleh syari’at.
Secara umum, prinsip syirkah atau bagi hasil dalam perbankan syariah dapat dilakukan dalam empat akad utama, yaitu al-musyârakah, al-mudhârabah, al-muzâra’ah dan al-musâqah. Namun dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai al-musyârakah saja. Sedangkan yang lainnya dalam pembahasan yang lain.
Sungguhpun demikian, prinsip yang paling banyak dipakai adalah al-musyârakah dan al-mudhârabah, sedangkan al- muzâra’ah dan al-musâqah di pergunakan khusus untuk pembiyayaan pertanian oleh beberapa bank islam.

B.             Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, dapat dipaparkan beberapa rumusan masalah yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam makalah ini sebagai berikut:

1.    Bagaimana pengertian dari syirkah?
2.    Bagaimana landasan hukum tentang adanya syirkah?
3.    Apa saja rukun dan syarat dari syirkah
4.    Bagaimanakah macam-macam dari syirkah?
5.    Hal-hal apa sajakah yang menyebabkan berakhirnya syirkah?

C.            Tujuan

1.      Memberikan informasi tentang pengertian dari syirkah.
2.      Untuk mengetahui tentang yang mendasari dari syirkah.
3.      Memberikan informasi tentang rukun dan syarat dari syirkah.
4.      Memberikan informasi tentang macam-macam dari syirkah.
5.      Untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang menyebabkan berakhirnyasyirkah


Bila dalam penulisan referensi ada kesalahan mohon secepatnya komentar di bawah ini, agar dapat secepatnya kami benahi kesalahan tadi. dan terima kasih banyak telah berkunjung di blog kesayanga kami ini, semoga bermanfaat.....


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pendahuluan Makalah Fiqih tentang " Syirkah/Beserikat " Untuk S1

0 komentar:

Posting Komentar